Alhamdulillah, Google Buat Aplikasi Browsing Aman Bagi Anak-Anak

islamsih.blogspot.com - Orangtua kerap khawatir saat anak-anak sedang berpetualang di dunia maya. Kekhawatiran itu sangat beralasan karena mesin pencari kerap menuntun anak-anak ke laman yang sebenarnya tidak cocok untuk mereka simak.

Namun kini kekhawatiran itu bisa berkurang karena kehadiran mesin pencari khusus untuk anak-anak bernama kiddle.co. Mesin pencari yang mengklaim dirinya sebagai hasil dari pengembangan raja internet, google itu hadir dengan tampilan yang lebih menarik bagi anak alih-alih hanya putih polos seperti tampilan standar mesin pencari google.

Di laman utama kiddle.co tampak tema ruang angkasa dengan gambaran permukaan bulan berwarna kuning. Sosok robot yang didesain simpel juga memperkuat citra jika kiddle benar-benar bertujuan menarik minat anak.

Kotak pencarian pun ditampilkan seperti biasa dengan pilihan kanal berita, web, gambar, dan video.

kiddle, google, search engine, mesin pencari,
Cara penggunaannya sama persis seperti mesin pencari google dengan tinggal memasukkan kata kunci di kotak pencarian. Uniknya, hasil pencarian akan muncul dengan lebih sederhana dan beberapa di antaranya bahkan langsung dilengkapi gambar.

Situs hasil pencarian tersebut diklaim aman bagi anak karena proses kurasi yang menggunakan Google Safe Search. Google memastikan jika tiga laman teratas hasil pencarian merupakan laman yang memang dibuat khusus untuk anak-anak.

Urutan keempat hingga tujuh punya konten sedikit lebih dewasa tetapi tetap dapat dipahami dengan mudah. Sementara urutan di bawahnya tergolong laman yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Kendati demikian bukan berarti tidak aman karena tetap dikurasi menggunakan Google Safe Search.

“Pengguna akan mendapat hasil pencarian yang berorientasi anak-anak tanpa adanya konten eksplisit.”
Laman dengan konten beraroma pornografi, pesohor, dan kekerasan tidak akan muncul.

“Pengguna akan mendapat hasil pencarian yang berorientasi anak-anak tanpa adanya konten eksplisit.” Demikian google memastikan dalam keterangannya.

Kelebihan lainnya, pengguna juga dapat berpartisipasi dalam memberi masukan tentang laman mana saja yang harus diblokir dan tidak sesuai dengan anak-anak.[islamjuara]